About

STOP GLOBAL WARMING

PLATING AGARWOOD, EMAS HITAM KAYU GAHARU UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI BANGSA

LOGO-GGITANI

KOMUNITAS PETANI GAHARU

“GUBAL GAHARU INDONESIA”

EMAS HITAM , KAYU GAHARU

C360_2014-11-29-06-32-10-664

Call Center  0823-884-777-86 or 0822 4270 2857

Invite BBM :  7df357c4   or   524e5dde   or  7d9ee0be

Salam GGISUPER,

Teruntuk seluruh Calon / Anggota tani “Gubal Gaharu Indonesia” Dimana pun berada , ….

Pekanbaru, 01 Januari 2015.

Saya Glone Muhammad, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan semua anggota tani, maupun yang ingin bergabung menjadi angota tani “Gubal Gaharu Indonesia”. Semoga apa yang kita usaha ini membawa berkah/ridho nya SANG MAHA KUASA dunia dan akhirat , untuk kejayaan dan keberuntungan kita semua beserta keturunan kita hingga akhir jaman.

Sudah 3 (tiga) tahun berjalannya Kelompok Tani “Gubal Gaharu Indonesia” berjalan, dengan segala halang rintang yang dihadapi. Cemoohan / pujian/ tantangan  sudah menjadi makanan sehari – hari yang pengurus pusat hadapi. Namun begitu kita tetap terus melangkah menuju cita-cita yang kita dambakan , “Terwujudnya Petani Gaharu yang Mandiri, Sukses, Handal, dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi keluarga dan lingkungan” SE Anak Keturunan.

Program Kerja Pokok Kelompok Tani

“Gubal Gaharu Indonesia”

Untuk Tahun Kerja 01 Jan 2015 s/d 01 Jan 2016

adalah Sebagai Berikut :

  1. Penyebar Luasan Teknologi membudidayakan/membuat bibit unggul pohon gaharu untuk segenap anggota tani “Gubal Gaharu Indonesia”, JANGAN SIA-SIA KAN WAKTU PENANTIAN PANEN SELAMA 8 TAHUN, DENGAN HANYA MENANAM BIBIT GAHARU BIASA. YANG BERDAMPAK PADA “Rendahnya hasil resin yang dihasilkan, sehingga nilai jual/ekonomisnya kecil”.
  2. Membangun Komunikasi yang lebih intensif di antara pengurus dengan anggota tani, melalui pelatihan, workshop, seminar, pertemuan dan komunikasi secara langsung maupun elektronik. Agar terciptanya kesinambungan hubungan yang baik.
  3. Menyebar luaskan produk turunan yang dihasilkan.  Agar di kenal di masyarakat luas. yang pada akhirnya akan menjadi sebuah siklus yang saling menguntungkan antara petani KT-GGI dengan masyarakat luas.

20141028_171646Mengapa dipilih budidaya pohon gaharu ?

  1. Keberadaan pohon gaharu di hutan hutan di wilayah RI sudah terancam punah, dikarenakan pemburuan liar gubal gaharu di hutan-hutan indonesia oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas kelangsungan hidup pohon gaharu.
  2. Tingginya nilai ekonomi pohon gaharu, berkisar puluhan juta s/d ratusan juta perbatangnya (Tergantung dari ukuran pohon, usia, dan kandungan gubal, kemedangan, abu, yang dimiliki)
  3. Sudah ditemukannya teknologi untuk terjadinya gubal/resin gaharu secara buatan melalui proses inokulasi, sehingga 80% pohon budidaya dapat menghasilkan gubal/resin yang diperlukan.
  4. Permintaan Pasar Dunia yang terus naik dari tahun ketahun, sementara produksi akan gubal turun drastis (Selama ini Gubal Gaharu diambil dari Proses ALAM), Untuk itu dengan budidaya yang dilakukan oleh kelompok tani diharapkan terpenuhinya permintaan pasar dunia akan gubal/resin, minyak, abu, dari pohon gaharu.
  5. Indonesia merupakan negara tropis terbesar didunia, dan merupakan pemasok gubal/gaharu terbesar selama ini, jangan sampai kita ketinggalan dengan negara malaysia,thailand (Negara asia tenggara). Karena mereka sedang giat-giatnya melakukan budidaya saat ini, akankan kita hanya menjadi penonton lahirnya orang-orang kaya untuk masa 7-10 tahun kedepan ?
  6. Mudah dalam proses penanaman/perawatan, bisa ditanam sebagai tumpang sari (Dalam kebun sawit, karet, coklat, dll). Disamping itu tidak memerlukan perawatan khusus.
  7. Bisa dijadikan sebagai simpanan layaknya emas, yang nilainya akan bertambah terus dengan semakin bertambahnya usia pohon yang sudah di inokulasi.
  8. Dengan bergabung melalui kelompok tani Gubal Gaharu Indonesia (KT-GGI), akan memudahkan pemetaan lahan, Pembinaan pada para anggota tani, begitu pun pemasaran hasil panen.

SAM_0830KETERANGAN LAIN

Dalam hal bergabungnya seseorang petani , untuk menjadi anggota tani yang menjadi bagian dari Kelompok Tani “Gubal Gaharu Indonesia” ada beberapa hal yang harus di jadikan pedoman sehingga tidak terjadinya salah persepsi atau salah dalam pemahaman tentang keanggotaanya di dalam KT-GGI :

  1. Untuk menjadi anggota tani KT-GGI, tidak ada paksaan atau pun ajakan yang bersifat memberikan iming-iming atau pun harapan-harapan yang diluar rasional pemikiran normal, KT-GGI tidak memberikan mimpi-mimpi tentang hasil panen gaharu yang diluar rasionalitas umum, disini diberikan analisa min dari hasil panen gaharu.
  2. Hasil Panen Gaharu sepenuhnya menjadi milik petani, tidak ada pola bagi hasil, investasi, maupun pola-pola MLM. Yang ada hanyalah hubungan antara anggota tani dengan pengurus kelompok tani dan Koperasi KT-GGI yang merupakan badan/lembaga yang menjadi unit usaha kt-ggi, dimana koperasi adalah milik bersama, Milik seluruh anggota tani KT-GGI.
  3. Setiap Anggota Tani KT-GGI, adalah anggota tani yang mandiri dan berkewajiban untuk mematuhi peraturan yang ada.
  4. Setiap anggota tani berkewajiban untuk membayar iuran tahunan sebesar Rp. 90.000,- (sembilan Puluh Ribu rupiah), dan bagi anggota tani yang tidak membayar iuran wajib ini tanpa pemberitahuan dianggap sudah mengundurkan diri dari keanggotaannya sebagai bagian dari kelompok tani “Gubal Gaharu Indonesia”.
  5. Setiap anggota tani KT-GGI yang aktif Ber Hak untuk mendapatkan pembinaan dari pengurus KT-GGI, mulai dari pembinaan tentang bibit, Inokulasi, Pemanenan , dan Pemasaran Hasil Panen.
  6. Jumlah Kuota Anggota Tani Per Daerahnya di tentukan oleh Pengurus Pusat yang disesuaikan dengan perkembangan yang ada.
  7. Jumlah Kuota Penanaman max, masing-masing anggota tani per daerahnya ditentukan sesuai dengan perkembangan yang ada.
  8. KT-GGI beranggotakan seluruh Lapisan Masyarakat tanpa memandang, daerah, suku, agama, pendidikan, kekayaan, boleh menjadi anggota kelompok tani Gubal Gaharu Indonesia, DISINI KT-GGI bersifat Nasional, bukan merupakan kepentingan satu golongan dan tidak bersifat kedaerahan, tidak ada unsur politik. Tujuan Utama nya adalah, Membangun dan memperbaiki tingkat ekonomi/kesejahteraan anggota kelompok tani melalui budidaya pohon gaharu.

 Selamat Bergabung Menjadi Anggota Tani KT-GGI

KLIK GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK “JOIN” DALAM KOMUNITAS KT-GGI

ADRESS-KTGGI

 

3 thoughts on “About

  1. Salam super… mohon tanggapannya, sy punya 3 pohon gaharu umur 10 thn, dan udah di inokulasi pake fusarium sp, pas sy cek lagi di bulan ke 4 ternyata pertumbuhan gubal nya lambat. Bagaimana caranya supaya mempercepat proses gubal gaharunya. Mohon info dr bpk. Tks

    Like

Leave a comment